Senin, 19 November 2018

Yuk, Kenali Lebih Dekat Apa Itu Proses Bayi Tabung

by mariana  |  at  November 19, 2018

Bagi pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan, program bayi tabung merupakan solusi terbaik yang dapat dipilih. Secara medis, proses bayi tabung sering dikenal dengan IVF? Lantas apa sih sebenarnya program bayi tabung itu? Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai program bayi tabung yang perlu Anda tahu.
Yuk,  Kenali Lebih Dekat Apa Itu Proses Bayi Tabung

Apa Itu Bayi Tabung?
Proses bayi tabung tidak sama dengan kehamilan pada umumnya. Pasalnya pada proses ini, pembuahan terjadi di dalam tabung. Pada umumnya, bayi tabung memiliki proses dan ketentuan tertentu. Biasanya program bayi tabung akan dimulai setelah mengonsumsi obat-obatan, inseminasi buatan ataupun tindakan bedah untuk mengatasi masalah kesuburan.

Bayi tabung sendiri merupakan serangkaian prosedur yang dilakukan demi membantu proses kehamilan bagi para pasangan yang memiliki masalah kesuburan. Biasanya program bayi tabung akan dilakukan apabila gangguan kesuburan tidak dapat teratasi maupun tidak diketahui penyebabnya.

Proses Dilakukannya Bayi Tabung
Sebelum menjalankan serangkaian program bayi tabung, biasanya Anda diharuskan untuk mengetahui siklus menstruasi. Selain itu, Anda juga akan dianjurkan untuk mengonsumsi pil kontrasepsi sebelum melakukan program bayi tabung.

Pil kontrasepsi terbukti mampu meningkatkan kesuksesan program bayi tabung yang akan dijalani. Selain itu, pil kontrasepsi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya kista ovarium dan sindrom hyperstimulation ovarium. Namun biasanya tidak semua dokter akan menyarankan hal ini. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengikuti apa perintah dokter.

Ketika ovarium melepaskan sel telur, biasanya dokter akan memberikan suntikan antagonis GnRH. Hal ini memungkinkan sang dokter untuk dapat mengontrol penuh siklus ovulasi Anda selama menjalankan program bayi tabung. Tak hanya itu. Anda juga dianjurkan untuk melakukan tes darah dan USG untuk melancarkan prosedur pengambilan sel telur.

Setelah itu, sel telur akan diambil dan dipertemukan dengan pasangannya dan harus dilakukan pada hari yang sama. Sel telur dan sperma akan disimpan di klinik demi memastikan perkembangannya dapat berjalan maksimal. Ketika embrio hasil pembuahan sel telur dan sperma sudah cukup matang, maka akan dimasukkan ke dalam rahim.

Pembuahan Bayi Tabung
Pada dasarnya, pembuahan selama program bayi tabung dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu intracytoplasmic sperm injection (ICS) dan inseminasi. Pembuahan inseminasi sendiri dilakukan dengan cara mencampurkan sperma dan sel telur selama semalam hingga berubah menjadi embrio.
Sedangkan proses pembuahan intracytoplasmic sperm injection (ICS) dilakukan dengan cara pembuahan inseminasi gagal atau semen buruk. Meskipun begitu, perlu untuk diingat bahwa tidak semua embrio dapat bertahan setelah proses pembuahan terjadi.

Nah, itulah beberapa pengertian mengenai proses bayi tabung yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian, maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana prosedur dan cara melakukan bayi tabung. Apakah Anda termasuk orang yang sedang ingin menjalankan program bayi tabung? Semoga program Anda dapat berjalan sukses.

Proudly Powered by Blogger.