Sabtu, 10 November 2018

Tanda Aki Bermasalah

by mariana  |  in Otomotif at  November 10, 2018

Kira-kira apa yang terjadi apabila aki mobil Kamu berpersoalan? Lalu bagaimana tutorial mengenal apabila aki mobil Kamu berpersoalan? Sebagai pemasok listips mutlak untuk seluruh perangkat mobil, aki bekerja saat pertama kali mobil dinyalakan (starter). Sebab saat pertama kali dinyalakan, mobil membutuhkan sumber tenaga yang berasal dari aki untuk menyalakan AC, perangkat audio, ataupun lampu. Maka dari itu Kamu butuh menjaga kondisi aki mobil dengan tak jarang memeriksa batas air aki supaya tak berada di bawah batas minimal.

Tanda Aki Bermasalah

Persoalan pada aki biasanya timbul sebab aki tak terawat alias sebab umur aki yang telah terlalu tua. Lalu akibatnya apabila aki mobil berpersoalan adalah mobil Kamu tak bakal menyala, sebab daya yang diperlukan untuk stater mobil tak terpenuhi. Untuk menghindari mobil Kamu mogok akibat persoalan pada aki, Kamu butuh mengenal 5 tanda aki mobil berpersoalan berikut ini.

1. Mesin tak bisa dinyalakan
Mesin mobil yang tak kuat distarter adalah indikator mutlak bakal adanya persoalan pada aki mobil Anda. Apabila mobil telah lama tak dinyalakan, umpama selagi semalam, dan saat ingin mengnasibkan nyatanya tak masa, maka bisa disimpulkan bahwa aki mobil Kamu rusak (dengan catatan air aki berada di batas max dan low, tak tidak lebih alias lebih). Bisa saja faktor ini terjadi sebab umur aki yang telah terlalu lama, sebab jangka pakai aki biasanya selagi 2 tahun.

2. Aki aroma menyengat saat mesin dinyalakan
Bau menyengat tersebut berasal dari sel-sel komponen aki yang rusak, jadi ketika mesin dinyalakan alias distarter air aki bakal mengeluarkan aroma menyengat dan air aki menjadi mendidih. Sel aki yang remuk dan mengembang juga bisa terkesan dengan cara kasat mata menandakan bahwa aki tersebut telah harus diganti.

3. Air aki keruh
Semacam halnya oli, aki yang telah lama digunakan bakal berubah menjadi keruh dan kecoklatan, faktor ini dikarenakan sebab kotoran-kotoran yang menumpuk sekian lama yang bakal terkesan apabila dibuka penutup air aki.

4. Cranking
Saat Kamu ingin mengetes tegangan volt pada air aki dengan cranking alias memakai load tester, perhatikan angka voltage aki. Apabila volatage aki berada di bawah 10 volt artinya aki rusak dan harus segera diganti sebab daya 10 volt tak bakal kuat untuk menyalakan mobil.

5. Aki short/konslet
Hal ini bisa dilihat dengan mudah apabila tenangan volt aki tak lebih dari 11 volt saat aki tak dibebani menandakan aki konslet.

Cara mudah untuk menonton aki berpersoalan adalah dengan mendengarkan suara klaskon yang tak lebih keras dan lampu mobil yang tak begitu terang. Tetapi kedua faktor ini tak bisa dijadikan pacuan mutlak untuk mengenal apakah aki mobil Kamu berpersoalan. Oleh sebab itu, pastikan Kamu memeriksa 5 tahap mesin mobil yang harus dicek setiap 3 bulan.

Proudly Powered by Blogger.